Welcome to our website !

Arumsari

Prakerin BLC Telkom

Installasi Ubuntu Server 16.04

By 10.26

Assalamu'alikum Wr.Wb

Hari ini saya akan membagi kepada teman-teman tentang Installasi Ubuntu Server.



A. Pengertian

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

B. Latar Belakang

Hal yang melatarbelakangi kegiatan saya kali ini adalah saya ingin mencoba instalasi server dengan OS yang berbeda dengan sebelumnya.


C. Tujuan

Maksud saya adalah ingin mencoba instalasi OS yang berbeda dan tujuan saya adalah membangun server menggunakan Ubuntu Server.
D. Alat dan Bahan

1. Server (proxmox installed)
2. Koneksi internet
3. OS Linux (Ubuntu Server)

E. Jangka Waktu

Waktu yang Saya butuhkan sekitar 30 menit.

F. Langkah Kerja

1. Terlihat menu awal instalasi seperti gambar dibawah. Pilih English untuk bahasa menu instalasi


2. Setelah itu pilih Install Ubuntu Server untuk memulai instalasi


3. Muncul tampilan untuk pemilihan bahasa selama proses instalasi, pilih saja English kemudian tekan enter




4. Setelah itu akan muncul tampilan untuk pemilihan lokasi, pilih Other kemudian pilih Asia, lalu terakhir pilih Indonesia



5. Tahap berikutnya adalah memilih pengaturan format lokal. Untuk defaultnya  United States


6. Muncul pertanyaan untuk mendeteksi layout keyboard secara otomatis, disini pilih no karena kita akan memilihnya secara manual pada tahapan berikutnya


7. Pada bagian ini kita akan memilih layout keyboard secara manual. Pilih English (US) lalu English (US) lagi




8. Kemudian akan muncul sebuah proses dimana Ubuntu meminta konfigurasi ip address secara DHCP. Disini akan muncul konfigurasi jaringan failed, pilih continue untuk melanjutkan


9. Pada bagian configure the network, pilih configure network manually untuk mengatur ip nya secara manual


10. Lalu isikan IP Addressnya, bisa kalian samakan atau diubah sesuai dengan IP yang kalian tentukan. contoh : 192.168.16.2/29


11. Isikan gateway dan nameserver, sebaiknya disamakan saja seperti pada gambar. contoh : 192.168.16.1



12. Lalu isikan hostname anda. contoh disini saya menggunakan nama teman saya dan nama saya. contoh : arumbela


13. Isikan domain name sesuai dengan yang anda tentukan


14. Setelah itu masukkan nama lengkap user yang menggunakan komputer kalian. Disini saya isi arumbela


15. Lalu isi juga usernamenya. Disini misalnya saya isi arumbela


16. Setelah mengisikan nama pengguna, kalian juga diminta untuk memasukkan password, Ketikkan kembali password kalian untuk konfirmasi.



17. Pilih No bila muncul pertanyaan yang menawarkan mengenkripsi home folder anda


18. Setelah itu kalian diminta untuk memilih zona waktu. Pilih yang Western


19. Tahap selanjutnya adalah pemartisian harddisk. Pilih Guided – Use Entire Disk and set up LVM


20. Kemudian pilih harddisk mana yang ingin kalian install. Jika hanya terdapat satu harddisk di komputer kalian, maka pilih saja yang muncul seperti gambar.


21. Jika kalian sudah yakin, pilih Yes


22. Lalu pilih continue jika sudah yakin


23. Kemudian pilih yes untuk menulis perubahan nya pada harddisk


24. Selanjutnya kalian akan ditanya apakah kalian ingin mengkoneksikan komputer kalian dengan proxy server dari Internet. Disini saya memilih no


25. Lalu pilih No automatic updates



26. Selanjutnya adalah memilih paket-paket mana saja yang ingin kalian install ke dalam Ubuntu server kalian. Disini saya akan memilih standar system utilities dan openSSH server untuk kebutuhan meremote server


27. Terakhir adalah tahapan penginstalan GRUB Boot Loader ke dalam harddisk. GRUB Boot Loader ini berfungsi untuk membuat Ubuntu Server dapat booting ke dalam komputer. Pilih Yes


28. Pilih Continue untuk menyelesaikan instalasi. Lalu komputer akan merestart sendiri

29. Kemudian akan muncul tampilan login tanda instalasi telah berhasil


30. Coba login menggunakan username dan password yang tadi dibuat



G. Kesimpulan

Saya dapat menginstall ubuntu Server di dalam proxmox dan saya menjadi lebih tahu mengenai sistem operasi Ubuntu Server.

H. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu
http://salbeladwi.blogspot.co.id/2017/03/how-to-install-ubuntu-server-1604-on.html


Cukup sekian dan mohon maaf jika ada salah.

Wassalamu'alikum Wr.Wb

You Might Also Like

0 komentar