Welcome to our website !

Arumsari

Prakerin BLC Telkom

OSI LAYER

By 15.55

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hai guys. Ketemu lagi kita . Kita bahas tentang OSI Layer yuk.

⠖ Pengertian OSI
Model Open System Interconnection (OSI) adalah model konseptual yang mencirikan dan standarisasi fungsi komunikasi dari sistem telekomunikasi atau komputasi tanpa memperhatikan struktur internal yang mendasari mereka dan teknologi. Tujuannya adalah interoperabilitas sistem komunikasi beragam dengan protokol standar. Model partisi sistem komunikasi ke lapisan abstraksi . Versi asli dari model didefinisikan tujuh lapisan.
Lapisan melayani lapisan di atasnya dan dilayani oleh lapisan di bawahnya. Misalnya, lapisan yang menyediakan komunikasi bebas kesalahan di jaringan menyediakan jalur yang dibutuhkan oleh aplikasi di atasnya, sementara itu panggilan berikutnya lapisan bawah untuk mengirim dan menerima paket yang terdiri isi jalan itu. Dua contoh di lapisan yang sama yang divisualisasikan sebagai terhubung dengan koneksi horisontal di lapisan itu.
Model merupakan produk dari Open System Interconnection proyek di Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO), dikelola oleh identifikasi ISO / IEC 7498-1.

⠋ Tujuan
-Dapat mengetahui Apa itu OSI
-Dapat mengetahui Macam-macam OSI Layer
-Dapat mengetahui fungsi OSI Layer 1-7
 
⠋ Macam-macam OSI Layer
Rekomendasi X.200 menjelaskan tujuh lapisan, label 1 sampai 7. Layer 1 adalah lapisan terendah dalam model ini.
Model OSI
Lapisan Protokol data unit (PDU) Fungsi
Tuan rumah
lapisan
7. Aplikasi Data Tingkat tinggi API , termasuk berbagi sumber daya, akses file jarak jauh
6. Presentasi Terjemahan dari data antara layanan jaringan dan aplikasi; termasuk pengkodean karakter , kompresi data dan enkripsi / dekripsi
5. Session Mengelola komunikasi sesi , yaitu pertukaran terus menerus informasi dalam bentuk transmisi beberapa back-dan-balik antara dua node
4. Transportasi Segmen (TCP) / Datagram (UDP) Transmisi yang handal dari segmen data antara titik-titik pada jaringan, termasuk segmentasi , pengakuan dan multiplexing
Media
lapisan
3. Jaringan Paket Penataan dan pengelolaan jaringan multi-node, termasuk pengalamatan , routing yang dan kontrol lalu lintas
2. Data link Bingkai Transmisi yang handal dari frame data antara dua node dihubungkan dengan lapisan fisik
1. fisik Sedikit Transmisi dan penerimaan bit mentah stream melalui media fisik
Pada setiap tingkat N, dua entitas pada perangkat berkomunikasi (lapisan N rekan-rekan) pertukaran protokol data unit (PDU) dengan cara protokol lapisan N. Setiap PDU berisi muatan, disebut Unit layanan data (SDU), bersama dengan header terkait protokol dan / atau footer.
Data diolah oleh dua berkomunikasi perangkat OSI-kompatibel dilakukan seperti:
  1. Data yang akan dikirimkan terdiri pada lapisan paling atas dari perangkat transmisi (lapisan N) menjadi unit data protokol (PDU).
  2. PDU akan diteruskan ke lapisan N-1, di mana ia dikenal sebagai unit data layanan (SDU).
  3. Pada lapisan N-1 yang SDU adalah concatenated dengan header, footer, atau keduanya, menghasilkan lapisan N-1 PDU. Hal ini kemudian diteruskan ke lapisan N-2.
  4. Proses berlanjut sampai mencapai tingkat paling bawah, dari mana data ditransmisikan ke perangkat penerima.
  5. Pada perangkat menerima data dilewatkan dari yang terendah ke lapisan tertinggi sebagai rangkaian SDU s ketika sedang berturut-turut dilucuti dari sundulan setiap lapisan dan / atau footer, sampai mencapai lapisan paling atas, di mana yang terakhir dari data yang dikonsumsi.
Beberapa aspek orthogonal, seperti manajemen dan keamanan , melibatkan semua lapisan (Lihat ITU-T X.800 Rekomendasi . Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan triad CIA - kerahasiaan , integritas , dan ketersediaan - dari data yang dikirimkan. Dalam prakteknya, ketersediaan layanan komunikasi ditentukan oleh interaksi antara desain jaringan dan manajemen jaringan protokol. Pilihan yang tepat untuk kedua hal ini diperlukan untuk melindungi terhadap penolakan layanan .

Layer 1: Physical Layer

The lapisan fisik mendefinisikan listrik spesifikasi dan fisik dari koneksi data. Ia mendefinisikan hubungan antara perangkat dan fisik media transmisi (misalnya, tembaga atau kabel serat optik , frekuensi radio). Ini termasuk tata letak pin , tegangan , garis impedansi , kabel spesifikasi , sinyal waktu dan karakteristik yang sama untuk perangkat yang terhubung dan frekuensi (5 GHz atau 2,4 GHz dll) untuk perangkat nirkabel. Hal ini bertanggung jawab untuk transmisi dan penerimaan data mentah tidak terstruktur dalam media fisik. Mungkin mendefinisikan mode transmisi sebagai simplex , half duplex , dan full duplex . Ini mendefinisikan topologi jaringan sebagai bus , jala , atau cincin menjadi beberapa yang paling umum.
Lapisan fisik SCSI paralel beroperasi di lapisan ini, seperti yang dilakukan lapisan fisik Ethernet dan jaringan area lokal lain, seperti token ring , FDDI , ITU-T G.hn , dan IEEE 802.11 (Wi-Fi), serta sebagai jaringan area pribadi seperti Bluetooth dan IEEE 802.15.4 .
Lapisan fisik adalah lapisan peralatan jaringan tingkat rendah, seperti beberapa hub , kabel, dan repeater . Lapisan fisik tidak pernah peduli dengan protokol atau seperti barang layer yang lebih tinggi lainnya. Contoh hardware di lapisan ini adalah adapter jaringan, repeater, hub jaringan, modem, dan media converter serat.

Layer 2: Data Link Layer

The Data link layer menyediakan transfer data node-to-node -a hubungan antara dua node terhubung langsung. Mendeteksi dan mungkin memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi pada lapisan fisik. Ini, antara lain, mendefinisikan protokol untuk membangun dan mengakhiri sambungan antara dua perangkat yang terhubung secara fisik. Hal ini juga mendefinisikan protokol untuk kontrol aliran antara mereka.
IEEE 802 membagi lapisan data link menjadi dua sub-lapisan: 
  • Media Access Control (MAC) Lapisan - bertanggung jawab untuk mengontrol bagaimana perangkat dalam mendapatkan akses jaringan untuk menengah dan izin untuk mengirimkan itu.
  • Logical Link Control (LLC) lapisan - bertanggung jawab untuk mengidentifikasi Jaringan lapisan protokol dan kemudian melingkupinya dan kontrol memeriksa kesalahan dan sinkronisasi frame.
MAC dan LLC lapisan IEEE 802 jaringan seperti 802.3 Ethernet , 802.11 Wi-Fi , dan 802.15.4 ZigBee , beroperasi pada lapisan data link.
The Protokol Point-to-Point (PPP) adalah sebuah protokol lapisan data link yang dapat beroperasi lebih dari beberapa lapisan fisik yang berbeda, seperti sinkron dan asynchronous garis serial.
The ITU-T G.hn standar, yang menyediakan area lokal kecepatan tinggi jaringan melalui kabel yang ada (saluran listrik, saluran telepon dan kabel koaksial), termasuk lengkap lapisan data link yang menyediakan koreksi kesalahan dan flow control dengan cara selektif -ulangi protokol sliding-window .


Layer 3: Network Layer

The lapisan jaringan menyediakan sarana fungsional dan prosedural untuk mentransfer panjang variabel data yang urutan (disebut datagrams ) dari satu node ke terhubung lain untuk "jaringan" yang sama. Sebuah jaringan adalah media yang banyak node dapat terhubung, di mana setiap node memiliki alamat dan yang memungkinkan node terhubung untuk mentransfer pesan ke node lain terhubung hanya dengan menyediakan konten dari pesan dan alamat tujuan node dan membiarkan jaringan menemukan cara untuk menyampaikan pesan ke node tujuan, mungkin routing yang melalui node intermediate. Jika pesan terlalu besar untuk ditransmisikan dari satu node ke yang lain pada data link layer antara node, jaringan dapat mengimplementasikan pengiriman pesan dengan memisahkan pesan menjadi beberapa fragmen pada satu simpul, mengirim fragmen mandiri, dan pemasangan kembali fragmen di node lain. Mungkin, tapi tidak perlu, kesalahan pengiriman laporan.
Pesan pengiriman pada lapisan jaringan belum tentu dijamin dapat diandalkan; protokol lapisan jaringan dapat menyediakan pengiriman pesan dapat diandalkan, tetapi tidak perlu melakukannya.
Sejumlah protokol lapisan-manajemen, fungsi didefinisikan dalam lampiran manajemen, ISO 7498/4, milik lapisan jaringan. Ini termasuk protokol routing, manajemen kelompok multicast, informasi jaringan-layer dan error, dan jaringan-layer tugas alamat. Ini adalah fungsi dari payload yang membuat ini milik lapisan jaringan, bukan protokol yang membawa mereka. 

Layer 4: Transport Layer

The lapisan transport menyediakan sarana fungsional dan prosedural untuk mentransfer urutan data variabel-panjang dari sumber ke host tujuan melalui satu atau lebih jaringan, sambil mempertahankan kualitas fungsi layanan.
Contoh dari protokol transport-layer di tumpukan Internet standar Transmission Control Protocol (TCP), biasanya dibangun di atas Internet Protocol (IP).
Lapisan transport mengendalikan keandalan link yang diberikan melalui kontrol aliran, segmentasi / desegmentasi , dan kontrol kesalahan. Beberapa protokol yang negara bagian dan berorientasi koneksi. Ini berarti bahwa lapisan transport dapat melacak segmen dan mengirimkan kembali orang-orang yang gagal. Lapisan transport juga memberikan pengakuan pengiriman data sukses dan mengirimkan data berikutnya jika tidak ada kesalahan terjadi. Lapisan transport menciptakan paket dari pesan yang diterima dari lapisan aplikasi. Packetizing adalah proses membagi pesan yang panjang menjadi pesan yang lebih kecil.
OSI mendefinisikan lima kelas koneksi-mode protokol transportasi mulai dari kelas 0 (yang juga dikenal sebagai TP0 dan menyediakan fitur paling sedikit) ke kelas 4 (TP4, dirancang untuk jaringan kurang dapat diandalkan, mirip dengan Internet). Kelas 0 tidak mengandung pemulihan kesalahan, dan dirancang untuk digunakan pada lapisan jaringan yang menyediakan koneksi bebas dari kesalahan. Kelas 4 adalah yang paling dekat dengan TCP, meskipun TCP berisi fungsi, seperti dekat anggun, yang OSI memberikan ke lapisan sesi. Juga, semua koneksi-mode OSI TP protokol kelas menyediakan data dan pelestarian batas record dipercepat. Karakteristik rinci dari kelas TP0-4 ditunjukkan pada tabel berikut: 
nama fitur TP0 TP1 TP2 TP3 TP4
jaringan berorientasi koneksi iya iya iya iya iya
jaringan connectionless Tidak Tidak Tidak Tidak iya 
Rangkaian dan pemisahan Tidak iya iya iya iya
Segmentasi dan reassembly iya iya iya iya iya
pemulihan kesalahan Tidak iya iya iya  iya
Memulai kembali  Tidak iya Tidak iya  Tidak
Multiplexing / demultiplexing lebih tunggal virtual circuit Tidak Tidak iya iya iya
kontrol aliran eksplisit Tidak Tidak iya  iya iya
Pengiriman ulang pada batas waktu Tidak Tidak Tidak Tidak iya
layanan transportasi terpercaya Tidak iya Tidak iya iya
Jika jumlah berlebihan PDU yang tidak diakui.
Cara mudah untuk memvisualisasikan lapisan transport adalah untuk membandingkannya dengan kantor pos, yang berkaitan dengan pengiriman dan klasifikasi surat dan parsel dikirim. Ingat, bagaimanapun, bahwa sebuah kantor pos mengelola luar amplop surat. lapisan yang lebih tinggi mungkin memiliki setara amplop ganda, seperti layanan presentasi kriptografi yang dapat dibaca oleh penerima saja. Secara kasar, protokol tunneling beroperasi pada lapisan transport, seperti membawa protokol non-IP seperti IBM 's SNA atau Novell ' s IPX melalui jaringan IP, atau enkripsi end-to-end dengan IPsec . Sementara Generic Routing Encapsulation (GRE) mungkin tampaknya menjadi sebuah protokol lapisan jaringan, jika enkapsulasi payload terjadi hanya pada titik akhir, GRE menjadi lebih dekat dengan sebuah protokol transport yang menggunakan header IP tetapi mengandung frame lengkap atau paket untuk menyampaikan ke endpoint. L2TP membawa PPP frame dalam paket transportasi.
Meskipun tidak dikembangkan di bawah Model Referensi OSI dan tidak ketat sesuai dengan definisi OSI lapisan transportasi, Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP) dari Internet Protocol Suite umumnya dikategorikan sebagai lapisan-4 protokol dalam OSI.

Layer 5: Session Layer

The lapisan sesi mengontrol dialog (koneksi) antara komputer. Ini menetapkan, mengelola dan mengakhiri koneksi antara aplikasi lokal dan remote. Ini menyediakan untuk full-duplex , half-duplex , atau simplex operasi, dan menetapkan prosedur checkpointing, penundaan, penghentian, dan restart. Model OSI membuat lapisan ini bertanggung jawab untuk anggun dekat sesi, yang merupakan milik dari Transmission Control Protocol , dan juga untuk sesi checkpointing dan pemulihan, yang biasanya tidak digunakan dalam Internet Protocol Suite. Lapisan sesi umumnya dilaksanakan secara eksplisit dalam lingkungan aplikasi yang menggunakan prosedur panggilan jarak jauh .

Layer 6: Presentation Layer

The lapisan presentasi membentuk konteks antara entitas aplikasi-lapisan, di mana entitas lapisan aplikasi dapat menggunakan sintaks dan semantik yang berbeda jika layanan presentasi menyediakan pemetaan antara mereka. Jika pemetaan tersedia, unit layanan data presentasi diringkas menjadi unit data protokol sesi, dan diturunkan stack protokol.
Lapisan ini memberikan kemerdekaan dari representasi data (misalnya, enkripsi ) dengan menerjemahkan antara aplikasi dan jaringan format. Lapisan presentasi mengubah data ke dalam bentuk yang aplikasi menerima. Lapisan ini format dan data mengenkripsi yang akan dikirim melalui jaringan. Hal ini kadang-kadang disebut lapisan sintaks. 
Struktur presentasi asli menggunakan Encoding Aturan Dasar dari Abstract Syntax Notation One (ASN.1), dengan kemampuan seperti mengkonversi EBCDIC teks -coded berkas ke ASCII berkas -coded, atau serialisasi dari objek dan lain struktur data dari dan ke XML .

Layer 7: Application Layer

The lapisan aplikasi adalah lapisan OSI yang paling dekat dengan pengguna akhir, yang berarti kedua lapisan aplikasi OSI dan pengguna berinteraksi langsung dengan aplikasi perangkat lunak. Lapisan ini berinteraksi dengan aplikasi perangkat lunak yang mengimplementasikan komponen berkomunikasi. program aplikasi seperti berada di luar lingkup model OSI. fungsi aplikasi-lapisan biasanya termasuk mengidentifikasi mitra komunikasi, menentukan ketersediaan sumber daya, dan sinkronisasi komunikasi. Ketika mengidentifikasi mitra komunikasi, lapisan aplikasi menentukan identitas dan ketersediaan mitra komunikasi untuk sebuah aplikasi dengan data untuk mengirimkan. Ketika menentukan ketersediaan sumber daya, lapisan aplikasi harus memutuskan apakah sumber daya jaringan yang cukup untuk komunikasi yang diminta tersedia.

 ⠋ Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/OSI_model

Cukup sekian kawan dan Terimakasih.

Waassalamu'alaikum Wr.Wb





You Might Also Like

0 komentar