Welcome to our website !

Arumsari

Prakerin BLC Telkom

SERVER DAN PEMANFAATANNYA

By 04.15

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Dihari kedua saya di BLC Telkom Klaten, saya mempelajari tentang Server. Menurut saya belajar server itu susah-susah gampang. Saya akan menjelaskan pengertian server, sejarah server, fungsi dan cara kerja, hardware yang dibutuhkan.



1.Pengertian Server

Server Web atau Peladen Web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
Pengguna paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada praktiknya penggunaannya diperluas sebagai tempat penyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.


2.Sejarah  Server

Server menjadi umum di awal 1990-an sebagian bisnis mulai menggunakan komputer pribadi untuk menyediakan layanan yang sebelumnya di-host di mainframe besar atau mini computer. File server awal ditempatkan beberapa CD-ROM drive, yang digunakan untuk meng-host aplikasi database yang besar.
Antara tahun 1990-an dan 2000-an peningkatan penggunaan perangkat keras yang didedikasikan melihat munculnya peralatan server yang mandiri. Salah satu produk yang terkenal adalah Google Search Appliance, sebuah unit yang menggabungkan hardware dan software dalam kemasan out-of-the-box. Juga diproduksi oleh Cobalt Qube dan RaQ. Contoh sederhana dari peralatan tersebut: switch, router, gateway, dan server cetak yang semuanya tersedia dalam konfigurasi dekat plug-and-play.
Sistem operasi modern seperti Microsoft Windows atau distro Linux tampaknya dirancang dengan arsitektur client-server dalam pikiran. Sistem operasi ini mencoba untuk hardware abstarak, yang memungkinkan berbagai macam perangkat lunak untuk bekerja dengan komponen komputer. Dalam arti, sistem operasi dapat dilihat untuk melayani perangkat keras ke perangkat lunak, yang dalam semua kecuali bahasa pemograman tingkat rendah harus berinterakssi menggunakan API.
Sistem operasi mungkin dapat menjalankan program di latar belakang disebut baik jasa atau daemon. Program-program tersebut, seperti perangkat lunak yang disebutkan di atas Apache HTTP Server, mungkin menunggu dalam keadaan tidur untuk kebutuhan mereka untuk menjadi jelas. Karena perangkat lunak yang menyediakn layanan bisa disebut Server, komputer pribadi modern dapat dilihat sebagai hutan Server dan client yang beroperasi secara paralel.
Internet itu sendiri juga merupakan hutan server dan client. Hanya meminta halaman web dari beberapa kilometer jauhnya mengakibatkan tumpukan protokol yang melibatkan banyak hardware dan software server. Yang paling penting router, modem, nama domain server, dan berbagai server lain yang diperlukan unutk memberikan World Wide Web.
3.Fungsi dan Cara Kerja Server
   
   Fungsi Server adalah memberi layanan kepada para client.

   Cara Kerja Server : Server berfungsi sebagai media penyimpanan data client, pencetak dokumen, dan memberi layanan koneksi pada client.

4.Hardware Server

 Hardware yang dibutuhkan dalam membuat komputer server, antara lain :
  #Modem
  #NIC atau Kartu Jaringan 
  #HUB
  #Kabel UTP
  #Konektor RJ 45
  #Bridge
  #Switch


5.Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web
http://bayurahmadsaputra.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-server.html



Cukup sekian untuk hari ini, jika ada kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih :-)  

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

You Might Also Like

0 komentar