Welcome to our website !

Arumsari

Prakerin BLC Telkom

NTP

By 14.30

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hari ini kita belajar install NTP yuk, kawan. Sebelum kita ke installasi NTP kita pelajari dulu Apa itu NTP. Langsung saja kawan.

  1. Pengertian NTP
Network Time Protocol (NTP) adalah protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui paket-switched, variabel-latency jaringan data. Dalam operasi sejak sebelum tahun 1985, NTP merupakan salah satu  protokol Internet tertua yang digunakan saat ini. NTP dirancang oleh David L.Mills dari University of Delaware. NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer  yang berpartisipasi untuk dalam beberapa milidetik dari Coordinated Universal Time (UTC). Ini menggunakan versi modifikasi dari algoritma Marzullo untuk memilih server waktu yang akurat dan dirancang untuk mengurangi dampak dari latency jaringan variabel. NTP biasanya dapat menjaga waktu kedalam puluhan milidetik melalui Internet publik, dan dapat mencapai  lebih dari satu akurasi milidetik dalam jaringan area lokal di bawah kondisi ideal. Rute asimetris dann kepadatan jaringan dapat menyebabkan kesalahan dari 100 ms atau lebih. Protokol biasanya digambarkan dalam hal model client-server, tetapi dapat dengan mudah digunakan dalam hubungan peer-to-peer dimana kedua rekan-rekan mempertimbangkan lain untuk menjadi sumber waktu potensial. 20 implementasi mengirim dan menerima cap waktu menggunakan User Datagram Protocol (UDP) pada nomor port 123. Mereka juga dapat menggunakan penyiaran atau multicasting, dimana klien pasif mendengarkan update waktu setelah pulang-pergi kalibrasi pertukaran awal. NTP memasok peringatan apapun yang akan datang lompatan penyesuaian kedua, tetapi tidak ada informsi  tentang zona waktu lokal ditransmisikan. Protokol saat ini adalah versi 4 (NTPv4), yang merupakan standar yang diusulkan yang didokumentasikan dalam RFC 5905. Hal ini kompatible dengan versi 3, yang ditentukan dalam RFC1305.

  • Tujuan
-Dapat mengetahui Apa itu NTP?
-Dapat menginstall NTP dan konfigurasinya.

  • Alat dan Bahan
-Laptop
-Server
-Jaringan Internet yang stabil

  • Jangka Waktu
Waktu yang saya butuhkan untuk melakukan praktek ini sekitar 5 menit.

  • Langkah Kerja 
1. Buka VM yang telah Anda buat
2. Login dengan user "root dan masukkan password Vm Anda"


3. Ketik "su" dan masukkan "password Anda"
4. Kemudian ketik perintah "apt-get install ntp ntpdate". Jika ada pertanyaan "packages without verification" maka ketik "y". 
5. Edit file dengan perintah "nano /etc/ntp.conf"


6. Kemudian cari baris "Server 0.debian..pool.ntp.org iburst" ganti menjadi "Server 0.id.pool.ntp.org iburst" begitu juga dengan server 1-3. Setelah itu tambahkan "Server 127.127.1.0"


7. Kemudian cari baris "restrict 192.168.202.4 mask 255.255.255.240 notrust ganti "notrust" dengan "notrap"

8. Kemudian "ctrl+x" lalu save "y" lalu tekan enter.
9. Kemudian ketik perintah "service ntp restart".

 10. Kemudian cek ntp lokal sudah bekerja dengan baik atau belum dengan perintah "ntpq -p". Jika pada bagian "jitter" bernilai "0.000" atau "0.001" berarti sudah bekerja dengan baik, tetapi jika belum maka coba cek kembali konfigurasinya.

11. Kemudian test melalui server dengan perintah "ntpdate -u 127.0.0."



  • Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Network_Time_Protocol



Install NTP dan Konfigurasinya sudah selesai. Cukup sekian dan  semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada salah kata dan Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb





You Might Also Like

0 komentar